8 September 2016

Cara Membedakan Burung Lovebird Jantan dan Betina 99% Berhasil

Halo teman-teman kicaumania, kali ini mungkin artikel saya bisa membantu teman-teman pemula yang ingin menjodohkan burung lovebird tetapi masih bingung membedakan antara jenis kelamin yang jantan dan betina karena burung lovebird walaupun sesama jenis bisa bermesra-mesaan. Ketika jantan sama jantan sudah di beri gelodok perjodohan tetapi masih tidak bertelur dan untuk yang betina sama, betina biasanya bertelur tetapi isinya kosong (kopyor). (Baca: Cara Merawat burung lovebird Yang Baik).

Perbedaan jantan dan betina
1. Bentuk ekor
Biasanya bentuk ekor burung lovebird jantan lebih lancip daraipada burung lovebird betina yang ujung ekornya selalu mengembang atau melebar. Biasanya ini cukup dapat mengidentifikasikan jenis kelamin burng lovebird.

 Cara membedakan burung lovebird jantan dan betina 99% berhasil


2. Bentuk kaki saat bertengger 
Bentuk kaki burung lovebird juga bisa menjadi acuan, saat bertengger biasanya burung betina akan lebih melebarkan kakinya dikarenakan bentuk tubuhnya juga yang besar, sedangkan lovebird jantan lebih rapat dikarenakan bentuk tubuhnya yang lebih ramping.



3. Bentuk paruh
Bentuk paruh lovebird jantan biasanya lebih runcing dari atas ke bawah daripada bentuk paruh lovebird betina yang lebih melebar dari pangkalnya.

4. Bentuk sayap
Bentuk sayap juga sering di jadikan patokan dalam membedakan jenis kelamin lovebird. Pada burung lovebird jantan, ujung sayap sering terlihat dalam posisi menyilang, sedangkan pada burung lovebird betina dalam posisi ujung sayap lebih terbuka.


Perbedaan Berdasarkan Tingkah Laku:
1. Memberikan makanan
Pada saat burung lovebird berjodoh biasanya lovebird jantan akan melolohkan ke betina, ini perilaku yang cukup signifikan untuk menjadi patokan kita juga menentukan jantan dan betina.

2. Membawa bahan sarang
Pada saat mereka membawa bahan sarang, lovebird betina lebih agresif membawa sarang dari pada lovebird jantan.

3. Mengigit objek dari dalam kandang
Biasanya lovebird betina sangat agresif kalau ada objek yang di masukkan ke dalam kandang dan lovebird betina bisa matok tangan kita.

Kesimpulan:
Keterangan diatas sebagai panduan untuk teman-teman yang ingin membedakan mana burung lovebird yang jantan dan betina, tetapi kebenarannya tidak mutlak. Yang harus dilakukan teman-teman harus benar-benar memperhatikan bagaimana tingkah laku lovebird itu sendiri, tetapi jika ingin memastikannya dapat mencoba metode yang lain untuk mengetahui jenis kelamin dari lovebird yaitu dengan menguji DNA yang dapat diperoleh dari darah atau bulu burung lovebird tersebut. Setelah itu DNA diextrak dengan larutan tertentu dan proses lebih lanjut, hasilnya akan dipotret dengan polaroid. Apabila dalam foto tersebut terlihat dua pita maka burung lovebird tersebut dapat dipastikan berkelamin betina. Namun jika terlihat hanya satu pita, burung lovebird tersebut bias dipastikan berjenis kelamin jantan.

Demikian atas kunjungannya teman-teman kami ucapkan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Doa Setelah Sholat Tahajud Berikut doa setelah sholat tahajud: اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ و...