9 September 2016

Cara Merawat Burung Lovebird Yang Baik


Memulai bagi pemula mungkin akan sulit, untuk itu langkah-langkah awal beternak burung lovebird, biasanya tingkat kesulitannya ada saat membedakan lovebird hyang jantan dan betina karena jangan sampai salah lovebird bisa berjodoh sejenis jadi jangan terlalu yakin ketika melihat telur ada di gelodok kandang perjodohan tetapi ketika ditunggu sekian lama gak menetas hasiinya ternyata telur isinya kosong, cirinya adalah jika kira-kira 2 minggu setelah kawin burung lovebird tersebut tidak juga bertelur ini bererti burung lovebird adalah jantan semua dan sebaliknya jika kira-kira 2 minggu setelah kawin burung lovebird tersebut bertelur lebih dari 6 telur kemungkinan besar lovebird tersebut betina semua.  

Tips Perawatan Burung Lovebird
1. Kandang
Kandang burung lovebird biasanya dikelilingi oleh kawat dan di dasari oleh bahan plastik. Yang perlu diperhatikan kandang burung lovebird memiliki ukuran setidaknya 90x45x45cm usahakan tempat bertenggernya memiliki ketebalan yang pas dengan ukuran kaki lovebird jadi jangan terlalu besar juga dan pakailah kayu alami lebih bagus. Jagalah kandang tetap bersih, supaya tidak terserang penyakit.



2. Makanan
Makanan adalah aspek penting dalam merawat burung lovebird seperti binatang lainnya lovebirdpun mempunyai beberapa makanan yang baik untuk di kosumsi ( Baca: Jenis makanan untuk burung lovebird). Sebenarnya lovebird bisa diberikan banyak varian makanan yang sering kita makan juga, tetapi di sarankan untuk memberikan makanan biji-bijian campur, bisa juga memberi sayur kangkung terlebih lagi jika lovebird sedang di kawinkan, jagung dan masih banyak lagi. Perhatikan makanan yang diberikan setidaknya sudah di bersihkan dahulu.

 3. Kesehatan
Supaya burung lovebird tetap sehat yang harus diperhatikan oleh pecinta burung lovebird semua agar menjaga kebersihan kandang untuk tetap bersih lakukan pembersihan kandang sehari sekali tergantung tingkat kotor kandang tersebut. Jangan terlalu berlebihan memberikan makanan pada lovebird, lovebird adalah burung yang rakus jadi jangan heran kita akan melihat mereka selalu makan, tetapi banyak para pecinta lovebird berpengalaman menganjurkan agar burung ini tidak terlalu gemuk oleh karena itu kita harus mengatur jumlah makanan yang akan diberikan. Secara harian control apakah tempat air minum dikandang sudah kotor atau belum, jika kotor lakukan pembersihan lalu ganti dengan air bersih. Seringlah memandikan lovebird, berikan multivitamin dan nutrisi agar lovebird tetap sehat.

4. Rutinitas 
Pagi ---> Lakukan penjemuran lovebird bisa dilakukan antara jam 07.00 wib diarea yang ada sirkulasi angin selama 15 menit sd. 30 menit, jika teman-teman mempunyai 2 atau lebih lovebird maka biarkan kandang mereka saling berdekatan agar bisa melihat burung dengan jenis yang sama.
Siang ---> Masukkan lovebird di dalam rumah, jika ingin burung lovebird teman-teman gacor pada siang hari tudung kandang lovebird dengan kain lalu dengarkan master dari burung lain.
Sore ---> Jam 16.00 wib kembali lagi keluarkan lovebird keteras atau ketempat yang cukup untuk menganginkan burung lovebird tersebut.
Malam ---> Biarkan lovebird istirahat, tutup kandang dengan kain. Tetapi jika teman-teman ingin jadikan lovebird burung lomba maka teman-teman bisa memainkan master suara dari burung lain sampai pagi kembali.

5. Hiburan

Lakukan sesering mungkin berinteraksi dengan burung lovebird ajak mereka main atau berikan mainan pada burung lovebird bisa berupa mainan gantungan dengan bentuk yang unik, jika mungkin temen-teman bisa membiarkan mereka bebas di dalam suatu ruangan tertutup kalau lovebird sudah akrab dengan teman-teman burung ini tidak akan sungkan berdekatan dengan teman-teman. Hiburan akan membuat lovebird tidak stres karena burung lovebird adalah binatang yang aktif jadi jangan biarkan lovebird hanya diam di kandang saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Doa Setelah Sholat Tahajud Berikut doa setelah sholat tahajud: اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ و...